Kamis, 9 Desember 2021

Sajikan Informasi Pasar Melalui “Si Lapak”

27 Oktober 2021 7

SEKAYU-Dalam upaya memberikan layanan prima bagi masyarakat, Pemkab Musi Banyuasin (Muba) Melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperind) Muba berikan informasi mengenai pasar lewat Aplikasi Berbasis Web yang bernama Sistem Informasi Laporan Pasar Kabupaten (Si Lapak), warga di Kabupaten Muba bisa cek harga terbaru dari pasar tradisional maupun pasar semi modern.

Kabid Sarana Distribusi Logistik Kabupaten Muba, Suprianto SE MSi mengatakan, selama ini pasar merupakan pusat perekonomian masyarakat yang bisa memberikan kontribusi pada perekonomian daerah atau yang biasa disebut sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Dari itulah, menjadi hal penting untuk memperhatikan pengelolaan pasar supaya bisa memberikan konstribusi retribusi daerah secara optimal,” ujarnya.

Ia menambahkan, sebagai upaya menghindari kekeliuran pengelolaan, maka dibutuhkan peran teknologi sebagai instrumen pendukung berupa aplikasi yang dapat mengelola informasi pasar, seperti Aplikasi Sistem Informasi Pasar berbasis Web ini.

“Aplikasi Sistem Informasi Pasar Berbasis Web ini merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk memanajemen dan memberikan fasilitas mengenai informasi pasar. Jadi, masyarakat untuk mengetahui update harga pasar yang ada disetiap Kecamatan bisa mengunjungi website ini,” ungkapnya.

Selain itu Source code aplikasi sistem informasi pasar berbasis web ini disajikan dengan bahasa pemrograman PHP serta menggunakan database MySQL dengan dilengkapi berbagai fitur yang sangat berguna untuk pengelolaan pasar.

“Fitur yang disajikan oleh aplikasi pengelolaan pasar ini sangat membantu memudahkan pengguna dalam melakukan pengelolaan pasar dengan lebih cepat dan akurat. Baik terkait pengelolaan lahan sampai penyusunan laporan penerimaan retribusi. Sehingga tidak ada lagi masalah yang timbul akibat pengelolaan informasi pasar yang kurang maksimal,” terangnya.

(red)

0 0 votes
Article Rating
bannerheader
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x