Selasa, 20 Oktober 2020

Pemkab MUBA Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

2 Oktober 2020 9

Muba–Pemerintah Kabupaten (pemkab) (MUBA) Musi Bayuasin mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual di di Rumah Dinas Sekda Muba, Kamis (1/10/2020).

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober setelah Gerakan 30 September (G 30S) yang ingin merubah ideologi Pancasila dengan paham komunis.

Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Apriyadi MSi mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 secara virtual di Rumah Dinas Sekda Muba, Kamis (1/10/2020).

Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi mengatakan, mengikuti upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila 2020 secara virtual adalah sesuai surat edaran Mendikbud RI Nadiem Makarim yang menginstruksikan pada situasi Pandemi COVID-19 ini, semua instansi tingkat pusat, daerah, dan kantor perwakilan RI di luar negeri serta masyarakat mengikuti upacara tersebut secara virtual dikantor masing-masing.

“Alhamdulillah bisa kita ikuti dengan lancar dan dalam suasana yang haru,” kata Sekda Muba yang dalam dalam kesempatan itu turut didampingi Kepala Badan Kesbangpol Muba H M Soleh Naim dan Kabid SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba Amran.

Apriyadi juga mengingatkan kepada masyarakat akan kemampuan aparatur negara dalam mempertahankan Pancasila, peristiwa G30S/PKI yang terjadi merupakan salah satu bentuk ujian yang berhasil digagalkan.

“Seperti yang terjadi pada tahun 1965 dulu, dan berhasil digagalkan. Kita harus bersatu menjaga Pancasila dari berbagai ancaman,” ujarnya.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 secara langsung digelar di Monumen Pancasila, Lubang Buaya Jakarta Timur, dimana Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara.

Dalam jalannya upacara yang bertema Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila tersebut, Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti melakukan pembacaan Pancasila, untuk pembacaan dan penandatanganan ikrar dilakukan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Menurutnya, Pancasila sebagai asas tunggal sekaligus dasar falsafah bangsa diharapkan mampu membawa masyarakat kepada kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik lagi.

“Meskipun saat ini kita tengah mendapat banyak cobaan, Muba tetap zero konflik dan masyarakat harus tetap bersatu bersatu. Semoga Pancasila membawa masyarakat bisa lebih maju dan berkembang,” tutupnya.

0 0 vote
Article Rating
bannerheader
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x