Kamis, 29 Oktober 2020

Sembari Bersilaturahmi, Beni Ajak Warga Stop Lakukan ‘Illegal Fishing’

20 Juni 2020 4

Sekayu  – Setelah kemarin turut langsung bersilaturahmi dan mengunjungi beberapa sungai yaitu Sungai Batanghari Leko, Sungai Muara Punjung, dan Sungai Ampalau Muara Rawas.

Di mana aspirasinya sama yakni sangat mengeluhkan dengan adanya aktifitas secara illegal fishing atau menangkap ikan yang tidak berkelanjuan.

“Yang dikeluhkan masyarakat masih adanya oknum warga melakukan setrum, meracun, kemudian banyaknya anak-anak sungai kecil yang dekat dengan wilayah pembukaan lahan kebun kelapa sawit yang terdampak sehingga ikan menjadi hilang,” kata Wakil Bupati Muba, Beni Hernedi di sela-sela kegiatan bersilaturahmi dengan masyarakat sembari menyalurkan hobi barunya memancing di sungai, Sabtu (20/6/2020).

Dikatakan Beni, ini menjadi keluhan masyarakat dan dirinya mendengar langsung dari aspirasi warga, sehingga akan menjadi perhatian ke depan

“Diperlukan kesadaran dan kerja sama semua pihak untuk mencegah terjadinya illegal fishing di Kabupaten Muba. Sebab SDA sungai potensinya luar biasa di Muba, saya lihat langsung bagaimana rakyat kita masih banyak yang menggantungkan mata pencariannya di dengan cara menangkap ikan di anak-anak sungai di Muba,” ucap Beni.

Maka dari itu, kata beni, Pemkab Muba harus merevitalisasi kembali budaya kearifan lokal dengan cara-cara kebaharian, dan budaya tradisional yang sebetulnya menjadi kekuatan ekonomi kerakyatan karena banyak rakyat yang menggantungkan hidup di sungai.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Muba didampingi oleh Organisasi Lembaga Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan dan Hutan  (Legmas Pelhut) Muba, yang ikut melakukan pembinaan kepada masyarakat sekaligis pemasangan spanduk berisikan sosialisasi dilarang melakukan illegal fishing dan pemberian bantuan peralatan tangkap ikan berupa jaring.

0 0 vote
Article Rating
bannerheader
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x