Jumat, 14 Januari 2022

Pemkab Muba Gelar Festival Bekarang

30 November 2021 6

MUBA-Suasana meriah dan heboh tampak terlihat pada kegiatan Festival Bekarang yang dilaksanakan di Danau Kampung Selarai Indah Sekayu, Selasa (30/11/2021). Festivàl Bekarang dilaksanakan dalam rangkaian pelaksanaan tuan rumah Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021, yang akan dilaksnakan malam nanti.

Plt Bupati Muba Beni Hernedi sebagai penggagas event Bekarang ini, bersama Ketua dan Wakil Ketua DPRD Muba beserta jajaran Forkopimda turut andil bersama warga setempat mengambil ikan secara beramai-ramai dengan senjata alat Tangkul atau Anco.

Turut hadir pada kegiatan Festival Bekarang salah satu tamu pelaksanaan Malam API 2021 yaitu Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid. Dirinya sangat mengapresiasi kegiatan Festival Bekarang yang dilaksanakan oleh Pemkab Muba.
“Saya apresiasi sekali kepada Pemkab Muba sudah membuat event yang sangat bagus dan disukai oleh masyarakatnya, karena ikan yang di tangkap sendiri oleh warga bisa langsung jadi hak milik dan dibawa pulang, tentunya event ini perlu ditingkatkan dan dikembangkan diseluruh daerah, di daerah kami sendiri belum ada event seperti Bekarang ini,”ucapnya.

Plt Bupati Muba Beni Hernedi mengatakan, Bekarang tidak hanya sekedar event atau kegiatan bagi masyarakat Kabupaten Muba, namun merupakan tradisi di masyarakat dalam bersukaria atas keberkahan melimpahnya hasil alam, berupa ikan air tawar dengan berbagai jenis.

“Kami selaku Pemkab Muba dalam penyelenggaraan kegiatan ini berharap masyarakat Kabupaten Muba dapat menjaga dan merawat serta mempromosikan mengenai Festival Bekarang ini,”Ucanya.

Dikatakan Beni, Festival Bekarang diadakan bertujuan untuk mendukung agar kegiatan Bekarang yang ada di Kabupaten Muba bisa dikenal dan bisa diketahui oleh semua kalangan. Terlebih Bekarang telah meraih penghargaan yang sangat membanggakan yaitu juara terbaik I Wisata Air Terpopuler di API Tahun 2020.

“Selain itu, kami harap dapat meningkatkan promosi pariwisata dan menambah jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Muba, sehingga nantinya memberikan dampak positif pada peningkatan ekonomi daerah, melalui kerjasama dengan keluarga Dispopar Muba serta seluruh masyarakat, kita sukseskan bersama-sama kegiatan ini,”pungkas Beni.

Kepala Dispopar Muba Muhammad Fariz SSTP MSi melaporkan, Festival Bekarang merupakan salah satu event yang diadakan Pemkab Muba melalui Dinas Pemuda Olahraga dah Pariwisata Kabupaten Muba, seharusnya diadakan setiap tahun dan sesuai dengan namanya Festival Bekarang lokasi diadakan hendaknya di anak sungai, danau yang ada di Kabupaten Muba setiap tahunnya.

“Namun karena terkendala kondisi pandemi selama beberapa tahun terakhir, dan kondisi alam yang tidak memungkinkan untuk kita melaksanakan kegiatan Festival Bekarang di Danau ataupun Anak Sungai yang ada di Kabupaten Muba seperti sebelum pandemi di tahun 2019 berlokasi di Sungai Siarak, Desa Tanah Abang Kecamatan Batanghari Leko,”jelasnya.

Alumni IPDN ini juga menjelaskan, Festival Bekarang baru bisa dilaksankan sekarang karena Kabupaten Muba berada pada zona hijau namun kondisi alam tidak bisa menentukan, sehingga pihaknya berinisiatif mengadakan event Festival Bekarang di Taman Wisata Kampung Selarai Indah dengan fasilitas yang baik, sehingga tidak mengurangi makna dari Bekarang itu sendiri.

“Featival Bekarang tahun 2021 kami agendakan bertepatan sebelum pelaksanaan event nasional yaitu Malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021, seperti kita ketahui Kabupaten Muba mendapatkan kehormatan yang membanggakan menjadi tuan rumah penyelenggaraan, mengingat Festival Bekarang di tahun 2021 masuk nominasi dan mendapat penghargaan peringkat pertama atau juara terbaik I Kategori Wisata Air Terpopuler pada API 2020 di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur,”papar Fariz.

Turut hadir Ketua DPRD Muba Sugondo SH beserta istri, Wakil Ketua II DPRD Muba Irwin Zulyani SH beserta istri, Wakil Ketua III DPRD Muba H Rabik SE SH MH beserta istri, Ketua Pengadilan Agama Sekayu Waluyo SAh MHi, Mewakili Dandim 0401 Muba, Danramil Bayung Lencir Kapt Marwan, Kapolres Muba diwakili Kapolsek Sekayu AKP Robi Sugara, Kajari Muba diwakili Kasi Intel Abu Nawas SH, Ketua Pengadilan Negeri Sekayu diwakili Hakim PN Sekayu Gerry Putra Suwardi SH.

Selain itu juga dihadiri para staf ahli bupati, pata asisten dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Muba, Wakil Ketua I TP PKK Muba Susy Imelda Beni, Ketua DWP Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi beserta anggota pengurus TP PKK dan DWP Kabupaten Muba lainnya.

(Mang)

0 0 votes
Article Rating
bannerheader
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x