Pemkab Muba Bahas dan Bentuk Tim Penyusun RAD KSB

17 Agustus 2023 24

SEKAYU,- Sebagai langkah aksi dalam meningkatkan perekonomian, Pemkab Musi Banyuasin melalui Dinas Perkebunan Muba mengelar rapat pembahasan rencana aksi daerah kelapa sawit

berkelanjutan (RAD KSB), Rabu (16/08/2023) di ruang rapat Serasan Sekate.Rapat dipimpin Asisten bidang perekonomian dan pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro SH MH, didampingi kepala Disbun Muba Akhmad ToyIbir, SSTP.,MM dan diikuti Organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Muba. 

Dalam arahannya, Andi mengatakan bahwa rapat dilaksanakan dalam rangka penyusunan RAD KSB, tujuannya memberikan pedoman bagi pemangku kepentingan terkait kelapa sawit untuk meningkatkan sinergi, koordinasi, dan komunikasi dalam mencapai tujuan pembangunan kelapa sawit berkelanjutan.

Andi juga berharap tim penyusun yang telah dibentuk sesuai dengan kewenangan tugas fungsi masing-masing untuk berperan sebagai tim pelaksana dalam pengimplementasian RAD KSB ini.

“Dalam penyusunan dokumen RAD KSB ini, pemerintah daerah mengacu kepada beberapa prinsip. Karena RAD KSB ini merupakan dokumen yang berisi serangkaian program yang mengacu dan atau terintegrasi kedalam RPJMD dan Renstra OPD membidangi perkebunan dan OPD lain yang terkait. Maka dari itu, bagi OPD yang ada dan tidak ada data harus segera melapor dan bagi OPD yang ada data melaksanakan peran sebagai penyusun,”terangnya¬†

Sementara, kepala Disbun Muba Akhmad ToyIbir menyampaikan lima komponen utama rencana aksi daerah perkebunan kelapa sawit berkelanjutan diantaranya penguatan data, penguatan koordinasi dan Infrastruktur. Peningkatan kapasitas dan kapabilitas pekebun. Pengelolaan dan pemantauan lingkungan. Tata kelola perkebunan dan penanganan sengketa. Dukungan percepatan pelaksanaan sertifikasi ISPO dan peningkatan akses pasar produk kelapa sawit.

(Mang)

 

bannerheader