Kamis, 17 September 2020

Libur Akhir Pekan, Edukasi Cegah Karhutbunlah Sambil Mancing Mania

10 Agustus 2020 18

Beni Hernedi Dengar Curhatan Hingga Sambangi Warga Sakit

Sekayu- Musim kemarau yang saat ini melanda Kabupaten Musi Banyuasin juga diiringi dengan musim ikan. Memanfaatkan dua musim tersebut, tampak sudah beberapa pekan belakangan ini Wakil Bupati Muba Beni Hernedi yang juga Ketua PMI Muba tersebut menyisir daerah pelosok untuk edukasi sekaligus sosialisasi pencegahan karhutbunlah sembari memancing ikan di Sungai.

Minggu (9/8/2020) Beni Hernedi beserta rombongan pengurus PMI Muba menyambangi Dusun Tangai, Dusun Muara Padang dan Dusun Kembang Umur Desa Epil Kecamatan Lais, rangkaian kegiatan tersebut selain mancing bersama rombongan juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga untuk mencegah kebakaran hutan kebun dan lahan (karhutbunlah)

“Dimulai dari kita sendiri, jadi saya mengajak dan menghimbau warga untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar;” ujar Beni Hernedi.

Beni juga mengatakan, banyak sekali dampak negatif dan merugikan banyak pihak jika sampai terjadinya kabut asap akibat karhutbunlah.

“Jika lahan disini dibakar, mungkin disini tidak merasakan dampaknya tetapi daerah yang mendapat kiriman asapnya sangat dirugikan baik dari segi kesehatan maupun ekonomi,” jelas Beni.

Beni menceritakan, dalam kesempatan tersebut dirinya juga mendengarkan curhatan warga karena kesulitan membuka lahan. “Disini saya tegaskan banyak cara membuka lahan, dan dengan cara membakar tentu tidak dibenarkan dan melanggar Undang-undang,” tukasnya.

Kepala Desa Epil, Armedi menyambut baik ajakan dan himbauan yang disampaikan Wabup Muba Beni Hernedi. Dirinya sependapat bahwa salah satu kunci dari pencegahan Karhutbunlah adalah kesadaran masyarakat.

“Terimakasih Pak Wabup, kami rasa warga Desa Epil akan dapat bekerjasama dengan baik dalam mencegah karhutbunlah,” ujarnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Muba Beni Hernedi juga menyambangi warga yang sedang sakit yakni Rudi (33) mengalami kelumpuhan
yang mana sudah 8 bulan tidak bisa melakukan aktivitas hanya terkapar di rumah.

Direncanakan, Rudi akan dibawa langsung rombongan PMI Muba untuk mendapatkan perawatan RSUD Sekayu.

(RLS)

0 0 vote
Article Rating
bannerheader
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x