Jumat, 18 September 2020

Jaga Jarak Pengendara, Muba Buat Marka Jalan ala MotoGP

16 Juli 2020 21

SEKAYU- Meminimalisir kerumunan orang hingga pengendara kendaraan roda dua dan roda empat disiasati Satlantas Polres Muba dengan bekerjasama Dishub dan Dinas PUPR Muba dengan membuat starting grid ala MotoGP.

Pantauan di lampu merah Jalan Kolonel Wahid Udin, Rabu (15/7/2020) tepat di depan Rumah Dinas Bupati Muba tampak starting grid sudah terpasang dan dijaga langsung anggota Polres Muba bersama Dishub Muba.

Kepala Dishub Muba, H Pathi Riduan SE ATD mengatakan, inovasi maupun ide yang dilakukan Satlantas Polres Muba sangat baik tentunya sangat di dukung guna memutus mata rantai penyebaran covid 19.

“Ini inovasi dalam rangka physical distancing di kawasan lalu lintas dan transportasi. Biar para pengendara motor ini ada jarak antara satu pengendara dengan pengendara lain sekitar 1,5 meter,” ucapnya.

Sementara itu, Kasat Lantas AKP Candra Kirana S. Ik mengatakan pemasangan Starting Grid ala MotoGP bagian dari Physical Distancing dalam menghadapi tatanan kehidupan baru atau new normal di Bumi Serasan Sekate.

“Kami berkerjasama dengan Dishub dan Dinas PUPR membuat inovasi ruang henti kendaraan roda dua. Jadi warga bisa jaga jarak,” ujarnya.

Dikatakan Candra, marka jalan ini dilakukan untuk menghidari adanya pengendara yang berkerumun di ruang pemberhentian sepeda motor, terlebih saat lampu merah. Sekaligus konsep manajemen transportasi menuju budaya keteraturan dan kebiasaan baru menuju Muba Maju Berjaya.

“Yang pasti ini bagian dari penerapan new normal yang dikemas kreatif. Idenya dari Polres dan kami pikir tidak ada salahnya juga dicoba, sekarang ini masih sosialisasi,” kata dia.

Selain itu juga, sambung dia, dari penerapan sistem ini dapat menggugah kesadaran masyarakat agar bisa tertib berkendara di tengah pandemi dan tetap menjaga jarak. “Saat berlalu lintas juga menggunakan masker demi membantu percepatan penanganan virus corona di Muba,” himbau dia.

(RLS)

 

0 0 vote
Article Rating
bannerheader
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x