Kamis, 9 Desember 2021

Bupati Beni Hernedi Ajak Santri Muba Siap Hadapi Tantangan Global

28 Oktober 2021 11

Semarak Peringatan HSN di Sungai Lilin Muba

MUBA- Gema sholawat berkumandang dari lapanganH. Basir TholibSimpang B1Kecamatan Sungai Lilin menyemarakkan Peringatan Hari Santri Nasional, Kamis (28/10/2021).

Peringatan HSN tahun 2021 yang bertajuk “Santri Siaga Jiwa dan raga” ini dihadiri Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi SIP beserta Jajaran Pemkab Muba berjalan khidmat, serta tetap menerapkan Prokes COVID-19.

Hadir pondok pesantren Sungai Lilin, Ponpes Riyadlul Aliyah, Ponpes AS Salam, Darul Muttaqin, Nazalal Purqon, Mambaul Hisan, sirojul Ulum, Al Azhar As Yarif, Yanbuul Quran, Raudiotul Quran, ponpes BUQ, Miftahul Huda.

Selanjutnya, Ponpes Babat Supat diantaranya Ponpes Al Falah, Al Azam, Ar Nur, dan ponpes Al Mubarokah. Ponpes kecamatan Keluang Yanabiul Huda dan Ponpes kecamatan Lais An NAHL.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Beni Hernedi SIP mengatakan hari santri merupakan sebuah hari yang membangun semangat santri untuk lebih memperbaiki kualitas diri demi kemajuan bangsa Indonesia kedepannya.

Apalagi santri ini mendapat perhatian khusus dari pemerintahan, khususnya perhatian langsung dari Presiden RI Jokowi, dikatakannya presiden telah menetapkan Undang-undang untuk pesantren. Diharapkan Undang-undang pesantren ini akan dipercepat dilaksanakan di Kabupaten Muba

Presiden RI Jokowi juga sudah menanda tangani dana abadi penyelenggaraan pesantren yaitu Perpres nomor 82 tahun 2021 tentang dana abadi penyelenggaraan pondok pesantren, dengan adanya aturan tertulis tersebut sehingga tidak ragu lagi dalam penganggaran untuk pondok pesantren

“Saya titip agar pesantren juga mampu memberikan kontribusi untuk kabupaten Muba dengan membekali diri dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten. Karena Muba sudah mendirikan Muba Vocational Centre (MVC), saya berharap anak-anakku santri ini dapat bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di kabupaten Muba,”ujarnya.

Beni juga berpesan kepada para santri agar terus menjadi generasi muda yang berakhlak dan mampu bersaing dengan perkembangan zaman.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para santri dapat dalam mengoptimalkan Ibadah, dakwah dan motivasi belajar serta dapat meningkatkan silaturahmi seluruh santri. Kedepan kalian akan Menghadapi tantangan global yang lebih berat, ditengah gejolak dunia yang sekarang ini sudah dipenuhi oleh teknologi informasi yang semakin canggih, maka santri kedepan diharapkan tidak hanya menguasai ilmu agama, namun lebih dari pada itu santri harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus sebagai insan yang bertaqwa serta mempunyai akhlaq yang terpuji,”ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan selamat, “Atas nama pribadi dan Pemerintah kabupaten Muba, saya menyambut baik diselenggarakan Acara ini sekaligus saya mengucapkan selamat memperingati hari santri. Dan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah menyiapkan rangkaian kegiatan ini. Dengan rasa syukur ini, marilah kita iringi dengan doa dan harapan, semoga rangkaian kegiatan yang kita lakukan pada hari ini mendapat berkah dari Allah SWT dan bermanfaat bagi kita semua dan semua ini adalah tekad dan komitmen Pemkab Muba untuk bersama pondok pesantren dan para santri,”tandasnya.

Sementara, Ketua Forum Pondok Pesantren Muba KH Muhammad Nurhidayat dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan perhatian Pemkab Muba terhadap pondok pesantren (Ponpes), dan apalagi santri di Muba menjadi salah satu program visi misi Muba Maju Berjaya di Tahun 2022.

Dikatakannya, ” Pemkab Muba telah memberikan kontribusi dan perhatian yang sangat besar dalam keberlangsungan pondok pesantren di Kabupaten Musi Banyuasin”, ujar Nurhidayat

Selain itu, juga mengajak para santri mendukung program Pemkab Muba untuk mempercepat vaksinasi COVID-19.

“Ayo seluruh pimpinan pondok pesantren melaksanakan vaksinasi dan pastikan seluruh santri telah divaksin COVID-19. Juga mengajak para santri terus semangat dalam belajar kebangsaan supaya makin berkobar” tambahnya.

0 0 votes
Article Rating
bannerheader
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x